5 Hal yang Bisa Anda Kerjakan agar Umrah Tidak Sekedar Menjadi Impian

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 September 2024, 10:26:25

Untuk seorang muslim, menunaikan ibadah umrah merupakan harapan yang selalu ada dalam hati. Mengingat sekarang ini untuk melaksanakan haji memerlukan biaya yang mahal dan waktu antrian yang lama, umrah menjadi solusi bagi mereka yang sudah rindu ingin pergi ke tanah suci.

Tetapi, keinginan saja tidak akan terealisasi apabila Anda tidak mulai menyiapkan diri untuk pergi umrah. Utamanya terkait keuangan. Jika tidak ada goal yang jelas kapan Anda akan melaksanakan ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyisihkan dana khusus untuk umrah. Lalu, bagaimana cara cepat berangkat umroh apabila impian Anda sudah sangat kuat? Jangan khawatir, kami akan memaparkan tipsnya buat Anda. Selamat menyimak!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Berniat Kuat-kuat

Jika Anda ingin cepat melaksanakan ibadah umrah, pasanglah niat kuat supaya Anda bisa cepat berangkat ke Baitullah. Banyak orang muslim yang secara finansial mampu melakukan umrah, akan tetapi mereka tidak memiliki niat untuk umrah, lho!

Entah karena dari sisi keagamaannya kurang mendapat asupan tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk memprioritaskan hal-hal yang bersifat duniawi misalnya memiliki rumah impian, mobil mewah, pakaian, aksesoris, menekuni hobi, travelling dan sebagainya.

Oleh karena itu, Anda termasuk golongan orang yang beruntung ketika Anda punya niat untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda tidak memiliki tabungan berlebih untuk umrah, namun karena kekuatan niat, bukan tak mungkin Anda akan berangkat ke tanah suci duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak memiliki niat umrah. Jadi, kekuatan niat adalah modal agar Anda dapat untuk menggapai impian Anda berangkat umroh dengan cepat. Yakinlah sepenuh hati bahwa Anda MAMPU untuk umrah, atas izin Allah.

2)  Cari Informasi Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Langkah kedua yang bisa Anda tempuh untuk bisa cepat berangkat ibadah umroh adalah dengan mencari tahu tentang umrah. Mulai dari rukun, doa-doanya, persiapannya, manasiknya, dan seluruh hal terkait dengan ibadah umrah. Lalu, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mempelajari tentang jasa travel umrah yang amanah untuk memberangkatkan Anda ke tanah suci. Anda dapat mencarinya sendiri via online, membandingkannya dengan beberapa biro travel umrah lain, atau bisa juga meminta rekomendasi keluarga dan teman yang sebelumnya pernah melaksanakan umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga dapat menggali info terkait umrah dengan cara diskusi dengan relasi, kerabat atau konsultasi dengan ustadz-ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda mencari tahu tentang umrah, maka Anda telah memancarkan sinyal yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap diundang ke tanah suci dari Allah SWT. Ini juga usaha agar bisa mempercepat sampai ke tujuan lho!

3) Menyiapkan Dana Tabungan Khusus Umrah

Untuk Anda yang belum memiliki dana lebih untuk langsung berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa mulai menganggarkan untuk dana umrah mulai saat ini juga. Yang harus Anda lakukan adalah membuka tabungan umrah dan ikhtiar untuk disiplin menabung. Targetkan waktu kapan Anda umrah. Anda harus memasang target kapan waktu Anda akan berangkat ibadah umrah, agar ada semangat untuk memenuhi target tersebut.

Misalnya, Anda berniat untuk berangkat umrah 3 tahun yang akan datang. Biaya umrah dan lain-lainnya sekitar 30-35 juta rupiah. Maka, dengan penghasilan misalnya 3 juta tiap bulan, Anda harus bisa mengalokasikan kurang lebih 1 juta setiap bulan untuk bisa berangkat ibadah umrah. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan punya dana sebesar 36 juta rupiah. Realistis, kan? Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi finansial Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan dana talangan umrah dari pihak bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Minta Doa Restu Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang dapat Anda terapkan sebagai jalan pintas berangkat umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan cara ini, dengan ridho dari kedua orangtua atau mertua, niat untuk berangkat umroh akan lebih segera terwujud. Ingat kan, kalau ridho Allah juga terletak pada ridho orangtua?

Beritahukan keseriusan kalau Anda ingin beribadah umrah, buatlah bahagia kedua orang tua Anda, buat hati keduanya bahagia dan mereka pun akan dengan ikhlas memanjatkan doa untuk Anda agar bisa melaksanakan umrah.

5) Cerdas Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara melaksanakan umrah hemat di zaman sekarang ini banyak caranya. Ada yang memilih jalan umrah backpacker, ada juga yang memilih mengikuti paket umrah di waktu off peak season supaya mendapat potongan harga yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara rombongan juga bisa dicoba untuk memperoleh diskon dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih menghemat biaya tanpa mengurangi kualitas pelayanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id