10 Hal yang Wajib Anda Siapkan Sebelum Melakasanakan Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 11 September 2024, 10:26:25

Bagi Anda yang baru pertama akan melakukan ibadah umrah, Anda pasti bingung tentang hal yang wajib Anda lakukan sebelum umrah. Mulai dari persiapan dokumen, registrasi, kelengkapan barang, dan lain sebagainya. Hal ini sangat penting, karena apabila ada yang tidak lengkap dipersiapkan, maka Anda mungkin tidak bisa khusyu’ beribadah umrah di Baitullah.

Nah, sebagai visualisasi apa yang harus Anda persiapkan sebelum berangkat umrah, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini hingga selesai.

Persiapan Fisik

Hal pertama yang harus diketahui adalah ibadah umrah sama halnya dengan haji, yakni rukun-rukunnya membutuhkan kebugaran jasmani yang prima. Oleh karena itu, jamaah yang akan melaksanakan umrah setidaknya harus ada persiapan sebulan sebelumnya untuk menyiapkan jasmani yang kuat agar ibadah umrahnya berjalan lancar.

man-1245658_1280.jpg

Image by Free-Photos from Pixabay

Anda bisa menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta minum suplemen seperti madu, vitamin, dan seterusnya. Anda juga bisa memulai rutin berolahraga, seperti lari pagi, workout ringan, atau olahraga lainnya. Dengan bekal fisik yang kuat akan mendukung kelancaran Anda dalam melaksanakan ibadah umrah di tanah suci.

Persiapan Ruhani

Selain tubuh yang kuat, Anda juga harus mempersiapkan rohani Anda agar bisa benar-benar khusyu’ dalam melakukan ibadah umrah. Umrah memerlukan niat yang tulus beribadah semata karena Allah SWT, juga keikhlasan dari hati. Karena bagi orang yang melaksanakan umroh berarti harus mengesampingkan pekerjaan dan sanak keluarga untuk sementara. Selain hal tersebut, Anda juga harus mengeluarkan sejumlah dana yang harus dibayarkan melalui biro travel umrah yang Anda pilih.

Persiapan Dokumen

Dokumen yang wajib dipersiapkan sebelum melaksanakan umrah diantaranya KTP|Kartu Identitas Diri|Kartu Tanda Penduduk), paspor, visa, catatan vaksinasi, buku tanda nikah, tiket pesawat yang digunakan, bukti tanda terima booking hotel, bukti pembayaran, dan lain-lain.

Persiapan Barang yang Harus Dibawa

Nah, ini adalah pokok persiapan yang wajiib dicermati. Sebaiknya, Anda membawa paling banyak tiga tas dan koper guna membawa barang yang Anda bawa. Satu koper besar, satu tas jinjing, dan satu tas berukuran kecil. Masing-masing dapat dipenuhi dengan barang sesuai kebutuhan. Misal untuk baju masuk koper, tas jinjing untuk memuat peralatan mandi, obat-obatan dan dokumen, sedangkan tas kecil untuk membawa , tisu, pelembab, dan lainnya.

Mempelajari Tentang Umroh

laptop-820274_1280.jpg

Image by fancycrave1 from Pixabay 

Hal ini terkadang terabaikan, padahal sebenarnya hal ini adalah langkah yang sangat penting untuk diperhatikan. Sama halnya saat kita akan melaksanakan suatu ibadah, kita harus memahami syarat sahnya, rukun-rukunnya, urutannya agar tertib, aturan-aturannya, dan doa yang harus dibaca. Anda bisa mencari sumbernya yaitu dengan membaca buku umrah, browsing tentang umrah, dan bertukar pikiran dengan orang yang pernah melaksanakan umrah.

Memilih Biro Travel Umroh yang Terpercaya

Sebaiknya, pilihlah biro travel umrah yang terpercaya. Anda bisa mengeceknya dengan cara melihat ulasan pengguna jasa yang telah diberangkatkan, juga membaca profil serta riwayat biro travel umroh tersebut. Apabila biro travel umrah Anda telah memakai software khusus aplikasi untuk umrah sehingga informasi layanan mereka dapat Anda pantau melalui internet, misalnya dengan mengunjungi web, mendapat notifikasi surat elektronik dan SMS untuk progres pendaftaran Anda, dan sebagainya.

Membawa Obat-obatan Pribadi

Apabila Anda mempunyai riwayat terkait kesehatan yang kurang baik, mempunyai alergi khusus, dan memerlukan konsumsi obat-obatan yang tidak umum, Anda butuh membawa obat-obatan pribadi yang harus Anda bawa saat menjalani ibadah umrah. Selain itu, obat-obatan yang umum misalnya P3K dan minyak urut, juga dapat Anda siapkan secukupnya.

Menyiapkan Barang-barang Spesifik Wanita/Pria

Barang-barang spesifik perempuan banyak ragamnya, misal pakaian khusus wanita untuk umrah, mukena, jilbab, jarum pentul, dalaman hijab, kaos kaki, dalaman, dan sebagainya.

Untuk laki-laki, karena menggunakan kain ihram tanpa jahitan, Anda dapat membawa kain ganti dan juga pakaian cadangan ihram yang dibutuhkan. 

Menyiapkan Doa-doa Sebelum Pelaksanaan Ibadah Umrah

Saat umrah, biasanya ada beberapa doa yang ingin Anda minta. Ada pula doa titipan dari saudara dan juga rekan. Supaya selalu ingat, siapkan kertas khusus doa, supaya Anda ingat dan tidak blank saat berdoa di tempat-tempat mustajab.

Persiapan Suplemen Tambahan untuk Menjaga Kekuatan dan Kesehatan Saat Pelaksanaan

Penting sekali memperkuat stamina saat beribadah umrah. Anda bisa memasukkannya dalam daftar barang bawaan, masukkan di tas kecil sehingga Anda bisa meminumnya saat diperlukan.

Nah, itu tadi 10 hal yang harus Anda siapkan sebelum umrah. Konsultasikan dengan layanan travel umrah Anda serta ustad pembimbing apa yang harus dan tidak perlu dipersiapkan. Semoga membantu!

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id